welcome to Ochy-Yudis-Blog

welcome to Ochy-Yudis-Blog
welcome to ochy-yudis-blog

Minggu, 23 September 2012

Cara Kerja Web



Baiklah, pada kesempatan kali ini ochy-yudis-blog akan mencoba mengulas mengenai bagaimana sebenarnya cara kerja dari web sehingga para pengguna internet dapat mendapat informasi dari situs-situs web tersebut.

Untuk mengakses situs web, yang perlu diperhatikan adalah para pembaca sekalian harus mempunyai komputer atau media lain yang dapat mengakses jaringan internet. Jangan lupa pada komputer atau media tersebut haruslah mempunyai aplikasi web browser seperti internet explorer, Mozilla firefox, atau aplikasi lainnya.
Pada saat membuka web browser, untuk mengakses situs tertentu, maka kita perlu memasukkan URL yaitu berupa nama domain dari situs yang ingin kita akses.


 Pada saat setelah mengetik URL (jgn lupa tekan enter),kemudian URL tersebut akan diubah menjadi sebuah instruksi oleh HTTP yang kemudian akan dikirimkan ke web server melalui  TCP/IP, proses pengiriman ini juga disebut dengan HTTP Request. Setelah sampai di server, maka web server akan mencari file data halaman yang kita minta dari database.

Apabila halaman yang kita inginkan tersedia, maka server akan mengirimkan kembali kepada komputer kita. Pengiriman ini disebut dengan HTTP Response. Setelah sampai di komputer kita, maka HTTP akan mengubah pesan tersebut menjadi bentuk yang lebih dimengerti oleh manusia.

Namun  apabila file data yang kita inginkan tidak tersedia di web server, maka web server akan mengirimkan pesan eror dengan kode 404 yang menyatakan bahwa file halaman yang kita inginkan tidak tersedia
contohnya seperti gambar berikut 
 
Untuk lebih jelasnya bagaimana cara kerja web, dapat dilihat melalui gambar berikut ini


Keterangan :
URL (uniform Resource Locator) : rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.

HTTP (HyperText Transfer Protocol) : protocol yang digunakan oleh world wide web yang mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini.

 TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol) :standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam tukar menukar data dari satu komputer ke komputer lain

Sekian penjelasan mengenai cara kerja web kali ini.. apabila ada pertanyaan atau ingin request sesuatu dapat menghubungi saya lewat menu contact me diatas

0 komentar:

Posting Komentar

My Friends Banner

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons